Tuesday, March 4, 2014

Bermanfaat itu gak harus copy paste


I'm Back !! well actually nobody cares.
Dulu terbentuk sebuah kesan dalam benak gue bahwa ngeblog itu punya kesenangan tersendiri karena kita dapat berkomunikasi dengan banyak orang dan berbagi hal positif melalui dunia maya. Terlebih lagi ketika sebuah postingan yang kita bagikan disanjungi dengan berbagai terima kasih, itu rasanya sangat melegakan. Seakan pesan orang tua sewaktu kecil yang telah diwarisi dari beberapa keturunan untuk "menjadi berguna untuk orang lain" sudah tercapai. 
Benarkah begitu ? setelah 2 tahun pasif mengurusi blog sekarang baru datang kesadaran, bahwa yang selama ini gue lakukan adalah hal yang sebenernya cuman terkesan baik namun berakibat membunuh kreatifitas dalam jangka panjang. Singkat cerita dulu berbagai postingan yang dihadirkan dalam blog ini sebagian besar merupakan hasil copy paste dari situs lain yang walaupun dihiasi dengan beberapa kata pengantar, namun yang jelas isilah yang seharusnya menentukan apresiasi, dan selama periode tersebut gue bangga dengan apresiasi palsu yang sebenernya berdiri di atas sendal orang lain.
Yang namanya manusia selalu butuh pengakuan dan apresiasi. Mungkin ada pengecualian untuk sebagian orang yang hidup terpisah dari sentuhan sosial, namun sebagian besar mengakui hal tersebut. Dapat dibayangkan jika sebuah karya yang anda hasilkan dengan susah payah kemudian dipublikasikan oleh orang lain dan orang tersebut ternyata yang mendapat apresiasi dari khalayak tanpa memandang orisinalitas karya dan siapa sebenernya di balik karya tersebut. Karya tidak harus berupa barang penemuan yang bernilai trilyunan, namun setiap hal yang dihasilkan oleh seseorang dengan effort sendiri menurut gue adalah karya. Sebagian dari anda yang membaca mungkin menentang pendapat tersebut dengan alasan "toh copy paste juga ada effornya". Ya, gue yakin percaya setiap manusia yang normal dan membaca tulisan ini pasti paham perbedaan effort yang gue maksud, dan jika mungkin tidak paham gue yakin ada yang salah dengan pola pikir anda. 
Maka tulisan juga termasuk ke dalam kategori karya, sudah seharusnya karya tersebut mendapat apresiasi. Dan mungkin jika tulisan itu hendak disalin, maka seharusnya penyalin menyertakan sumber. Dalam dunia pendidikan, terutama perguruan tinggi, hal ini sudah menjadi sangat lumrah, terutama bagi mereka yang mulai paham tentang orisinalitas dan plagiatisme. Lantas, apakah  orang yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi bakal paham hanya dengan membaca tulisan ini ? Gue yakin, setiap manusia berakal yang mungkin lupa, setidaknya dengan membaca ini bakal terlintas sedikit pikiran bahwa untuk menjadi bermanfaat itu tidak harus dengan cara copy paste.
Well, this just an opinion of mine, you might agree or else I don’t care if you don’t. But I’ll be grateful to hear what you thought of this little opinion of mine.

No comments:

Post a Comment